Polisi Australia tidak akan merilis video penyetruman nenek berusia 95 tahun

Prospek pulihnya Nowland, yang memiliki 24 cucu dan 31 cicit, tidak pasti.

Clare Nowland. Foto: Nzherald

Polisi Australia tidak akan merilis rekaman bodycam dari seorang petugas yang menyetrum seorang nenek buyut berusia 95 tahun dengan demensia di dalam panti jompo, kata seorang kepala polisi negara bagian, Sabtu (20/5).

Wanita itu, Clare Nowland, berada dalam keadaan kritis di rumah sakit, tiga hari setelah ditembak dengan senjata bius elektronik dalam konfrontasi yang mengejutkan warga Australia dan menjadi berita utama internasional.

Petugas tiba di Yallambee Lodge di selatan New South Wales pada hari Rabu setelah diberitahu oleh staf panti jompo bahwa seorang wanita "bersenjata pisau", kata polisi.

Polisi mengatakan mereka mendesak Nowland untuk menjatuhkan pisau steak bergerigi sebelum dia bergerak ke arah mereka "dengan lambat" dengan bantuan alat bantu berjalan, mendorong seorang petugas menembakkan taser (penyetrum) ke arahnya.

Ditanya tentang seruan politik untuk merilis video yang dikenakan di tubuh polisi tentang aksi penyetruman, komisaris polisi New South Wales Karen Webb berkata: "Saya tidak yakin mengapa mereka ingin melihatnya."