Polisi bersihkan pengunjuk rasa, jembatan AS-Kanada dibuka kembali

Polisi menangkap puluhan pengunjuk rasa pada Minggu (13/2).

ilustrasi. foto Pixabay

Jembatan The Ambassador Bridge yang melintasi perbatasan Kanada-Amerika Serikat akhirnya dibuka kembali setelah polisi membersihkan pengunjuk rasa. Para pengunjuk rasa sebelunya memblokade arus lalu lintas dalam enam hari. 

Menurut laporan Reuters Selasa (15/2) jembatan itu kini sudah bisa dilewati kembali.

Badan Layanan Perbatasan Kanada mengatakan aparat kepolisian telah melakukan beberapa penangkapan pada Minggu (13/2) dan membersihkan pengunjuk rasa dan kendaraan yang menduduki Ambassador Bridge di Windsor, Ontario. Tindakan aparat kepolisian itu dilakukan setelah perintah pengadilan pada Jumat (10/2). 

Reuters melaporkan, blokade telah mencekik rantai pasokan untuk pembuat mobil di Detroit, kemudian memaksa Ford Motor Co yang merupakan pembuat mobil terbesar kedua AS, General Motors Co, dan Toyota Motor Corp memangkas produksi. Bahkan, blokade mencekik perdagangan bilateral.

Protes telah menyebar ke tiga titik perbatasan, termasuk di Alberta dan Manitoba. Polisi Kanada mengatakan, protes sebagian didanai oleh pendukung AS dan Ontario membekukan dana yang disumbangkan melalui satu platform AS GiveSendGo pada hari Kamis (9/2).