Populasi China menyusut, India diyakini akan menyalip

Perubahan demografis akan sangat sulit untuk dikelola di negara berpenghasilan menengah seperti China.

Wanita yang mengenakan masker berjalan dengan anak-anak mereka di jalan menuju Kota Terlarang di Beijing, Selasa, 17 Januari 2023.Foto AP/Andy Wong

Populasi China menyusut untuk pertama kalinya, dalam beberapa dekade pada tahun lalu, karena anjloknya angka kelahiran. Angka resmi menunjukkan bertambahnya tekanan pada para pemimpin untuk menjaga pertumbuhan ekonomi, meskipun tenaga kerja menua dan pada saat meningkatnya ketegangan dengan AS.

Terlepas dari angka resminya, beberapa ahli percaya populasi China telah menurun selama beberapa tahun, setelah adanya perubahan dramatis di negara yang pernah berusaha mengendalikan pertumbuhan tersebut melalui kebijakan satu anak.

Banyak negara kaya berjuang dengan cara menanggapi populasi yang menua, yang dapat menghambat pertumbuhan ekonomi karena jumlah pekerja yang menyusut dan di sisi lain tetap memberikan dukungan kepada orang lanjut usia.

Tetapi perubahan demografis akan sangat sulit untuk dikelola di negara berpenghasilan menengah seperti China, yang tidak memiliki sumber daya untuk merawat populasi yang menua seperti halnya Jepang. Seiring waktu, hal itu kemungkinan akan memperlambat ekonominya dan bahkan dunia, dan berpotensi membuat inflasi lebih tinggi di banyak negara maju.

“China menjadi lebih tua sebelum menjadi kaya,” kata Yi Fuxian, seorang ahli demografi dan pakar tren populasi China di University of Wisconsin-Madison.