Presiden China puji pelaksanaan pemilu di Indonesia

Saat ini delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Wapres JK tengah berada di Beijing untuk menghadiri konferensi kerja sama BRI.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (kiri) bertemu Presiden China Xi Jinping di Balai Agung Rakyat, Beijing, Kamis (25/4/2019). Pertemuan dilakukan disela-sela Konferensi Kerja Sama Internasional Sabuk Jalan (BRF) II di Beijing pada 24-27 April 2019. ANTARA FOTO.M, IRFAN ILMIE

Presiden China Xi Jinping mengapresiasi keberhasilan pemerintah Indonesia dalam menyelenggarakan pemilihan umum serentak yang berlangsung aman dan lancar.

"Kami ingin mengucapkan selamat atas keberhasilan pemerintah Indonesia dalam menyelenggarakan pemilu," katanya saat menerima kunjungan kehormatan Wakil Presiden Jusuf Kalla atau yang akrab disapa JK di Balai Agung Rakyat China di Beijing, Kamis (25/4).

Presiden Xi Jinping menuturkan ingatannya saat memaparkan Belt and Road Initiative (BRI) di Jakarta pada 2013.

"Tentu saya sangat bersuka cita karena semakin lama hubungan China dengan Indonesia semakin meningkat," ujar Presiden Xi Jinping didampingi sejumlah pejabat pemerintah China, di antaranya penasihat pemerintahan merangkap Menteri Luar Negeri Wang Yi.

Sementara itu, JK menyampaikan salam hormat Presiden Joko Widodo dan permohonan maafnya karena tidak bisa menghadiri undangan Presiden Xi Jinping dalam Konferensi Kerja Sama Internasional Belt and Road Initiave (BRF) II di Beijing pada 24-27 April 2019.