Presiden Prancis: Soal Brexit akan diputuskan akhir pekan ini

Klausul backstop Irlandia disebut sebagai poin utama dari kesepakatan Brexit yang dinegosiasikan Inggris dengan Uni Eropa.

Ilustrasi / Pixabay

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan kepada Perdana Menteri Boris Johnson bahwa pada akhir pekan ini, Uni Eropa akan memutuskan apakah blok itu menyetujui proposal baru Brexit.

Saat berbicara via telepon dengan Macron pada akhir pekan kemarin, PM Johnson mengatakan bahwa kesepakatan dapat dicapai jika Uni Eropa berkompromi dengan Inggris.

Seorang pejabat pemerintah Prancis mengatakan, Presiden Macron berpesan kepada Johnson bahwa perundingan harus dilanjutkan dengan cepat dalam beberapa hari mendatang, untuk melihat apakah mereka dapat menghasilkan kesepakatan yang menghormati prinsip-prinsip Uni Eropa.

Pada Senin (7/10), penasihat PM Johnson untuk urusan Uni Eropa, David Frost, akan mengadakan diskusi dengan Komisi Eropa. Sementara itu, Menteri Brexit Stephen Barclay akan mengunjungi markas besar blok itu di Brussels, Belgia.

Pengaturan untuk mencegah ketegangan perbatasan di Irlandia, yang diatur dalam klausul backstop Irlandia, menjadi poin utama dari kesepakatan Brexit yang dinegosiasikan Inggris dengan Uni Eropa.