Presiden Xi sebut China siap perang

Dia juga menyerukan langkah untuk mempercepat modernisasi pertahanan dan angkatan bersenjata negara.

Presiden China Xi Jinping di Balai Agung Rakyat di Beijing, China, Jumat (25/10/2020). Foto Antara/Reuters/Jason Lee

Presiden China Xi Jinping memperingatkan Amerika Serikat bahwa militernya bertekad untuk mengalahkan penjajah. Pernyataan tersebut dia sampaikan dalam pidato yang menandai peringatan 70 tahun masuknya China ke dalam perang Korea melawan pasukan AS.

Berbicara dari Great Hall of the People di Beijing pada Jumat (23/10). Xi memperingati perang yang dia sebut melawan agresi AS dan membatu Korea dari 1950-1953. Perang itu merupakan satu-satunya konflik militer antara China dan AS.

Dia juga menyerukan langkah untuk mempercepat modernisasi pertahanan dan angkatan bersenjata negara.

"Tujuh puluh tahun lalu, penjajah imperialis menembaki ambang pintu China," kata Xi. "Rakyat China memahami bahwa kita harus menggunakan bahasa yang dapat dimengerti para penjajah, yakni dengan berperang dan menghentikan invasi dengan kekuatan, mendapatkan perdamaian dan rasa hormat melalui kemenangan. Orang-orang China tidak akan memicu masalah tetapi kami juga tidak takut pada mereka, dan tidak peduli kesulitan atau tantangan yang kami hadapi, kaki kami tidak akan gemetar," papar dia lagi.

Dia menambahkan, China perlu mempercepat modernisasi militernya untuk membangun militer kelas dunia, dan untuk memastikan bahwa Partai Komunis China yang berkuasa mempertahankan kepemimpinan absolut atas militer.