Putin diam-diam sudah divaksin Covid-19

Kremlin tidak menyediakan rekaman video atau foto proses vaksinasi Putin.

Presiden Rusia Vladimir Putin. Twitter/@KremlinRussia_E

Presiden Rusia Vladimir Putin diam-diam menerima vaksinasi Covid-19 pada Selasa (23/3) tanpa publikasi. Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengonfirmasi kabar tersebut. "Putin telah divaksinasi Covid-19. Dia merasa baik," ungkap dia.

Kremlin tidak menyediakan rekaman video atau foto dari proses vaksinasi Putin. Sebelumnya, mereka sempat mengatakan bahwa vaksinasi presiden bukan acara publik.

Peskov menyebut bahwa alasan vaksinasi tidak direkam dan dipublikasikan adalah karena Putin tidak ingin divaksinasi di depan kamera. Peskov menjelaskan bahwa Putin sudah melakukan banyak hal untuk mempromosikan vaksinasi.

"Presiden mencurahkan sebagian besar waktu kerjanya untuk acara, pembicaraan, pertemuan terkait dengan vaksinasi, produksi vaksin, dan lain sebagainya," tutur dia. "Mengenai vaksinasi di hadapan kamera, dia tidak pernah menyukainya," imbuhnya.

Juru bicara Kremlin juga mengatakan, jenis vaksin yang digunakan tidak akan diungkapkan. Peskov hanya mengatakan bahwa vaksin yang digunakan merupakan salah satu dari tiga vaksin Rusia yang telah disetujui yakni Sputnik V, EpiVacCorona, atau CoviVac.