Putin izinkan inspektur kunjungi pembangkit nuklir Rusia melalui Ukraina

Disebutkan bahwa Putin telah membatalkan permintaannya agar tim IAEA melakukan perjalanan ke situs itu melalui Rusia,

Pengawas nuklir PBB menyambut baik kesediaan Ukraina dan Rusia untuk mengizinkan IAEA mengirim misi ke "pembangkit nuklir Zaporizhzhia. [Metin Aktas / Anadolu Agency via Getty Images]

Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyetujui tim inspektur independen untuk melakukan perjalanan ke pembangkit nuklir Zaporizhzhia yang diduduki Moskow melalui Ukraina. Pernyataan ini diungkapkan kepresidenan Prancis pada hari Jumat.

Penyelesaian nyata dari perselisihan mengenai apakah inspektur melakukan perjalanan ke pabrik melalui Ukraina atau Rusia datang ketika seorang pejabat senior pertahanan AS mengatakan pasukan Ukraina telah menghentikan kemajuan Rusia.

"Anda melihat kurangnya kemajuan yang lengkap dan total oleh Rusia di medan perang," kata pejabat itu, yang berbicara kepada wartawan dengan alasan anonimitas.

Menurut kantor Presiden Prancis Emmanuel Macron, Putin telah "mempertimbangkan kembali permintaan" agar Badan Energi Atom Internasional melakukan perjalanan melalui Rusia ke lokasi tersebut, setelah pemimpin Rusia itu sendiri memperingatkan pertempuran di sana dapat menyebabkan "malapetaka".

Disebutkan bahwa Putin telah membatalkan permintaannya agar tim IAEA melakukan perjalanan ke situs itu melalui Rusia, dengan mengatakan bahwa mereka bisa tiba melalui Ukraina.