Putin menyambut kunjungan Xi ke Moskow dibayang-bayangi perang Ukraina

Bagi Xi, kunjungan tersebut akan menjadi ketegangan diplomatik, di mana China merilis proposal 12 poin guna menyelesaikan krisis Ukraina.

Putin menyambut kunjungan Xi ke Moskow dibayang-bayangi perang Ukraina. Foto Reuters

Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengharapkan Presiden China Xi Jinping untuk menunjukkan solidaritas melawan hegemoni Barat ketika Xi tiba di Moskow pada hari Senin (20/3). Sementara Xi akan menampilkan China dengan niat perdamaian global untuk menengahi diakhirinya perang Ukraina.

Xi akan menjadi pemimpin dunia pertama yang menjabat tangan Putin sejak Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk pemimpin Rusia pada Jumat atas deportasi anak-anak Ukraina ke Rusia sejak dimulainya perang. Moskow menolak tuduhan itu.

Rusia akan menyajikan perjalanan Xi sebagai bukti bahwa Rusia memiliki teman baik yang siap mendukungnya melawan Barat yang bermusuhan, yang dikatakan sedang mencoba untuk mengisolasi dan mengalahkan Rusia. Putin sekaligus penyambut yang pertama sejak Xi mengamankan masa jabatan ketiga yang belum pernah terjadi sebelumnya bulan ini.

Bagi Xi, kunjungan tersebut akan menjadi ketegangan diplomatik, di mana China merilis proposal 12 poin guna menyelesaikan krisis Ukraina, tetapi pada saat yang sama memperkuat hubungan dengan sekutunya.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada awal kunjungannya ke Moskow, Xi mengatakan proposal China, yang dirilis bulan lalu, mencerminkan pandangan global dan berupaya menetralkan konsekuensinya, tetapi mengakui bahwa solusinya tidak mudah.