Redakan ketegangan, India dan Pakistan bahas pembukaan perbatasan

Pembicaraan dimulai setelah delegasi Pakistan menyeberang ke India pada Kamis (14/3).

Kemarahan warga India terhadap Pakistan pasca-serangan bom bunuh diri yang menewaskan polisi paramiliter India. ANTARA FOTO/REUTERS/Anushree Fadnavis

Di tengah ketegangan yang sempat melonjak antara kedua negara, para pejabat Kementerian Luar Negeri India dan Pakistan bertemu untuk membahas pembukaan perbatasan bebas visa untuk memungkinkan para peziarah mengunjungi kuil Sikh, Kartapur Sahib, di Pakistan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri India Raveesh Kumar mengatakan pembicaraan dimulai setelah delegasi Pakistan menyeberang ke India pada Kamis (14/3). Delegasi Pakistan dipimpin oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Pakistan Mohammad Faisal.

"Inisiatif membuka perbatasan ini bertujuan untuk mengubah permusuhan menjadi persahabatan," kata Faisal kepada wartawan sebelum menyeberang ke kota perbatasan India, Attari, tempat pertemuan itu diadakan.

Ketegangan antara dua tetangga yang sama-sama berkekuatan nuklir tersebut berkobar setelah aksi bom bunuh diri menewaskan 40 anggota polisi paramiliter India di wilayah Kashmir milik India pada Februari lalu.

Sebagai balasannya, Angkatan Udara India melancarkan serangan udara ke Pakistan. Mereka mengklaim menargetkan kelompok militan Jaish-e-Mohammad (JeM) yang bermarkas di Pakistan dan mengklaim berada di balik serangan bom bunuh diri di Kashmir.