RI-India targetkan perdagangan capai US$50 miliar pada 2025

Menlu Retno mengatakan, salah satu cara agar target itu tercapai adalah melalui akses pasar yang lebih luas untuk produk Indonesia.

Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis (5/9). Alinea.id/Valerie Dante

Indonesia dan India menargetkan nilai perdagangan mencapai US$50 miliar pada 2025. Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi usai melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar pada Kamis (5/9).

"Salah satu cara target itu dapat tercapai adalah melalui akses pasar yang lebih luas untuk produk dari Indonesia," ungkap Menlu Retno di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta.

Menlu Jaishankar mengatakan bahwa Indonesia-India sepakat untuk bekerja sama demi keseimbangan dan perdagangan berkelanjutan dengan memberikan akses pasar yang lebih besar bagi barang dan jasa.

"Kami melakukan ini untuk mencapai target US$50 miliar dan kami sepakat bahwa kedua pihak akan responsif terhadap kebutuhan pihak lain dalam konteks itu," tutur dia.

Terkait kerja sama ekonomi, Menlu Retno mendorong terjalinnya keterlibatan lebih kuat antara sektor swasta kedua negara melalui forum-forum infrastruktur sosial.