Ribuan orang turun ke jalan karena merasa semakin sulit hidup di Lisbon

Portugal adalah salah satu negara termiskin di Eropa Barat.

Protes di Lisbon. Foto Portugal Resident

Ribuan orang turun ke jalan-jalan Lisbon pada hari Sabtu untuk menuntut kondisi kehidupan yang lebih baik pada saat inflasi yang tinggi. Para demonstran mengeluh hidup di Lisbon semakin sulit.

Portugal adalah salah satu negara termiskin di Eropa Barat, dengan data pemerintah menunjukkan lebih dari 50% pekerja berpenghasilan kurang dari 1.000 euro (Rp16 juta) per bulan tahun lalu. Upah minimum bulanan adalah 760 euro.

Di sisi lain, harga rumah di Portugal naik 18,7% pada tahun 2022, peningkatan terbesar dalam tiga dekade, dan sewa juga meningkat secara signifikan sebagian karena gelembung properti spekulatif.

Upah rendah dan sewa tinggi membuat Lisbon menjadi kota yang paling tidak layak untuk hidup secara finansial ketiga di dunia. Kesimpulan itu berdasarkan sebuah studi oleh broker asuransi CIA. Tingkat inflasi 8,3% Portugal telah memperburuk masalah.

Pada aksi protes itu, yang diselenggarakan oleh gerakan 'kehidupan yang adil', Vitor David, seorang programmer berusia 26 tahun, mengatakan dia ingin kembali ke Lisbon suatu hari tetapi harus hidup lebih jauh karena harga sewa hunian yang mahal di kota.