Roma ke final Liga Eropa, Mourinho berkesempatan raih trofi Eropa ke-6

Tetapi, tim Roma harus menghentikan Sevilla dari upaya memenangkan gelar Liga Eropa untuk ke tujuh kalinya.

Pelatih kepala Roma Jose Mourinho merayakan kemenangan setelah pertandingan sepak bola leg kedua semifinal Liga Eropa antara Bayer Leverkusen dan Roma di BayArena di Leverkusen, Jerman, Kamis, 18 Mei 2023.AP Photo/Martin Meissner

José Mourinho memiliki kesempatan untuk mengklaim trofi Liga Eropa keenam. Meskipun untuk mencapai itu, tim Roma harus menghentikan Sevilla dari upaya memenangkan gelar Liga Eropa untuk ke tujuh kalinya.

Roma mencapai final Liga Eropa dengan menahan imbang Bayer Leverkusen 0-0 di Jerman pada Kamis (18/5), menyusul penampilan pertahanan yang disiplin yang menjadi ciri khas tim asuhan Mourinho. Klub Italia itu lolos dengan agregat 1-0 setelah memenangkan leg pertama semifinal di kandang sendiri.

Roma akan menghadapi juara enam kali Sevilla, yang mengalahkan Juventus dengan kemenangan 2-1 setelah perpanjangan waktu untuk mencegah final all-Italian.

Final berlangsung pada 31 Mei di ibu kota Hongaria, Budapest.

Upaya penyerang Leverkusen Moussa Diaby, membentur mistar gawang Roma yang dijaga oleh Rui Patrício, tetapi pertahanan Roma sangat kokoh, meskipun tim jarang bergerak maju dan hanya melakukan satu upaya ke gawang di seluruh pertandingan.