Pengadilan Eropa: Rusia di balik pembunuhan mantan perwira KGB

Litvinenko, seorang pembelot yang menjadi kritikus vokal terhadap Kremlin, meninggal tiga minggu setelah minum teh hijau.

Foto terakhir Alexander Litvinenko. Foto: Litvinenko Inquiry / PA

Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa menyatakan bahwa Rusia bertanggung jawab atas pembunuhan mantan perwira KGB Alexander Litvinenko. Mantan agen KGB itu meninggal pada 2006 setelah diracun di London dengan zat radioaktif langka.

Litvinenko, seorang pembelot yang menjadi kritikus vokal terhadap Kremlin, meninggal tiga minggu setelah minum teh hijau yang dicampur dengan polonium-210 di sebuah hotel mewah di London.

Inggris telah lama menyalahkan Moskow atas peristiwa itu. Pengadilan Eropa di Strasbourg, Prancis, setuju, dengan mengatakan "pembunuhan Litvinenko tidak dapat disangkal oleh Rusia", kata pernyataannya.

Gambar Litvinenko, 43, berbaring di tempat tidurnya di Rumah Sakit University College London terpampang di surat kabar Inggris dan media Barat lainnya. Kondisinya menyedihkan. Kulitnya kuning, kurus, dan rambut yang seluruhnya rontok.

Dari ranjang kematiannya, Litvinenko mengatakan kepada detektif bahwa dia percaya Presiden Vladimir Putin - mantan mata-mata KGB yang memimpin FSB kontemporer sebelum naik menjadi pemimpin Rusia - telah langsung memerintahkan pembunuhannya.