Rusia dukung dialog damai untuk penyelesaian krisis Venezuela

Rusia menegaskan bahwa ketegangan yang masih terus memuncak di Venezuela disebabkan sanksi sepihak yang diterapkan oleh Amerika Serikat.

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva dalam jumpa pers di kediamannya di Kuningan, Jakarta, Rabu (10/4). Alinea.id/Valerie Dante

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva menyatakan bahwa ketegangan yang masih terus memuncak di Venezuela disebabkan sanksi sepihak yang diterapkan oleh Amerika Serikat.

Menurutnya, langkah AS menyebabkan ketidakstabilan situasi sosial, merusak aktivitas ekonomi, dan tidak berkontribusi dalam usaha penyelesaian krisis di Venezuela.

Dubes Vorobieva mendorong upaya proaktif dari berbagai pihak internal Venezuela maupun komunitas internasional untuk mengakhiri krisis di Venezuela.

"Rusia dengan tegas menyerukan bahwa krisis itu harus diselesaikan tanpa menggunakan kekerasan," jelasnya dalam jumpa pers di kediamannya di Kuningan, Jakarta, Rabu (10/4).

Negeri Beruang Merah mendorong agar seluruh pihak yang terlibat dalam krisis di Venezuela duduk bersama demi menghentikan konflik dan mencapai masa depan yang damai bagi rakyat serta negara mereka.