Separatis Rusia membebaskan 10 pejuang asing, termasuk 2 veteran AS

Kedutaan Saudi merilis sebuah pernyataan yang mengatakan telah membantu mengamankan pembebasan 10 tahanan dari berbagai negara.

Foto file kombinasi ini menunjukkan veteran militer AS Andy Huynh, kiri, dan Alexander Drueke. Kedua veteran itu, yang hilang saat berperang melawan Rusia dengan pasukan Ukraina pada 9 Juni 2022, telah dibebaskan setelah sekitar tiga bulan ditahan, kata kerabat Rabu, 21 September 2022. (Jeronimo Nisa/The Decatur Daily, kiri; dan Lois "Kelinci" Drueke/Dianna Shaw, melalui AP

Dua veteran militer AS yang menghilang tiga bulan lalu, saat berperang melawan Rusia dengan pasukan, termasuk lima warga negara Inggris, merupakan 10 orang yang dibebaskan oleh separatis yang didukung Rusia sebagai bagian dari pertukaran tahanan yang dimediasi oleh Arab Saudi.

Alex Drueke, 40, dan Andy Huynh, 27, hilang di wilayah Kharkiv di timur laut Ukraina dekat perbatasan Rusia pada 9 Juni. Mereka melakukan perjalanan ke Ukraina sendiri dan menjadi teman karena keduanya berasal dari Alabama.

Keluarga mereka mengumumkan pembebasan mereka dalam pernyataan bersama dari Dianna Shaw, yang merupakan bibi Drueke.

"Mereka aman dalam kedutaan AS di Arab Saudi dan setelah pemeriksaan medis dan pembekalan mereka akan kembali ke negara bagian," kata pernyataan itu.

Shaw mengatakan kedua pria itu telah berbicara dengan kerabat dan dalam "kondisi yang cukup baik,".