Pasca pertemuan Trump-Putin, Rusia pamer senjata baru

Rekaman video yang dirilis pada Kamis (19/7) menunjukkan uji coba senjata nuklir dan konvensional generasi terbaru Rusia.

Ilustrasi / Shutterstock

Rusia pada hari Kamis (19/7) merilis serangkaian rekaman video yang menunjukkan uji coba senjata nuklir dan konvensional generasi terbaru. Ini terjadi beberapa hari setelah pertemuan Donald Trump dan Vladimir Putin di Helsinki, Finlandia.

Dikutip dari Huffington Post pada Kamis (20/7), keberadaan serangkaian senjata terbaru itu telah diumumkan oleh Putin pada Maret lalu. Orang nomor satu di Rusia tersebut mengatakan bahwa senjata terbaru negaranya dapat menjangkau seluruh titik di dunia dan menghindari perisai rudal buatan Amerika Serikat (AS). 

Dalam video yang dirilis, Kementerian Pertahanan Rusia menayangkan sejumlah cuplikan serangkaian senjata terbaru di mana salah satunya menunjukkan sebuah jet tempur MiG-31 yang dipersenjatai rudal hipersonik Kinzhal lepas landas sebelum akhirnya meluncurkan serangan udara.

Rekaman video perdana peluncuran rudal hipersonik Avangard juga ditayangkan bersama dengan penampakan rudal balistik antarbenua (ICBM), Sarmat. 

Kantor berita Interfax mengatakan bahwa jet MiG-31 yang berpatroli di Laut Kaspia sejak April lalu telah dipersenjatai dengan rudal Kinzhal.