Rusia perkuat pertahanan pasukan di Kharkiv

Wilayah Donetsk menjadi salah satu titik pertempuran sengit karena letaknya yang strategis.

Iring-iringan militer Rusia. Foto CNN

Rusia memperkuat pertahanan di Kharkiv untuk melawan gempuran pasukan Ukraina yang telah tiba di pinggiran barat Kupiansk dan bergerak ke selatan menuju Izium. Kemajuan ini dicapai setelah pasukan Ukraina maju lebih dari 50 Kilometer (km) atau 31 mil menuju wilayah yang dikuasai Rusia.

Wilayah Donetsk menjadi salah satu titik pertempuran sengit karena letaknya yang strategis. Selain itu, Rusia saat ini menggunakan Kupiansk sebagai pusat kereta api untuk memasok pasukannya dan Izium sebagai landasan peluncuran untuk serangan ke selatan.

Rekaman video yang diambil oleh seorang jurnalis militer Rusia, Yevgeniy Poddubny, menunjukkan helikopter Rusia tiba di wilayah tersebut dan setidaknya satu kendaraan menurunkan kendaraan lapis baja.

Poddubny melaporkan bahwa markas militer Rusia menggunakan helikopter Mi-26 untuk memperkuat unit di Kharkiv. Helikopter tersebut menurunkan pasukan dan kendaraan lapis baja untuk mengerahkan pasukan cadangannya ke Kupiansk dan Izium.

“Helikopter-helikopter itu turun di titik-titik pendaratan di sepanjang garis kontak. Bala bantuan akan membantu menghentikan kemajuan lebih lanjut dari rezim Kiev,” ujar Poddubny.