sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Rusia perkuat pertahanan pasukan di Kharkiv

Wilayah Donetsk menjadi salah satu titik pertempuran sengit karena letaknya yang strategis.

Raihan Putra Tjahjafajar
Raihan Putra Tjahjafajar Minggu, 11 Sep 2022 08:58 WIB
Rusia perkuat pertahanan pasukan di Kharkiv

Rusia memperkuat pertahanan di Kharkiv untuk melawan gempuran pasukan Ukraina yang telah tiba di pinggiran barat Kupiansk dan bergerak ke selatan menuju Izium. Kemajuan ini dicapai setelah pasukan Ukraina maju lebih dari 50 Kilometer (km) atau 31 mil menuju wilayah yang dikuasai Rusia.

Wilayah Donetsk menjadi salah satu titik pertempuran sengit karena letaknya yang strategis. Selain itu, Rusia saat ini menggunakan Kupiansk sebagai pusat kereta api untuk memasok pasukannya dan Izium sebagai landasan peluncuran untuk serangan ke selatan.

Rekaman video yang diambil oleh seorang jurnalis militer Rusia, Yevgeniy Poddubny, menunjukkan helikopter Rusia tiba di wilayah tersebut dan setidaknya satu kendaraan menurunkan kendaraan lapis baja.

Poddubny melaporkan bahwa markas militer Rusia menggunakan helikopter Mi-26 untuk memperkuat unit di Kharkiv. Helikopter tersebut menurunkan pasukan dan kendaraan lapis baja untuk mengerahkan pasukan cadangannya ke Kupiansk dan Izium.

“Helikopter-helikopter itu turun di titik-titik pendaratan di sepanjang garis kontak. Bala bantuan akan membantu menghentikan kemajuan lebih lanjut dari rezim Kiev,” ujar Poddubny.

Dalam laporan selanjutnya, dia mengatakan bahwa Kupiansk telah mendapat serangan artileri dari angkatan bersenjata Ukraina dan bahwa sebuah jembatan di seberang Sungai Oskil di kota itu telah rusah parah.

“Cadangan kami tiba di garis depan untuk mempertahankan Kupianks berlanjut,” ujar Poddubny.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pada hari Jum’at bahwa pasukannya telah “membebaskan dan menguasi lebih dari 30 pemukiman di wilayah Kharkiv.

Sponsored

“Langkah-langkah untuk memeriksa dan mengamankan wilayah di beberapa desa di wilayah itu sedang berlangsung, kami akan bertahap mengambil kendali atas pemukiman baru. Kami mengembalikan bendera Ukraina dan memberikan perlindungan untuk semua orang kami di area tersebut,” kata Zelensky dalam pidato hariannya.

Peemandangan Kehancuran

Pasukan Ukraina yang bergerak ke medan pertempuran telah melaporkan pemandangan kehancuran saat mereka merebut kembali daerah-daerah dari kendali Rusia.

Kepala administrasi militer wilayah Kharkiv, Syniehubov mengatakan dia telah mengunjungi daerah-daerah yang baru-baru ini dibebaskan di mana Rusia telah meninggalkan infrastruktur dan rumah yang rusak. Dia juga memposting hasil foto tersebut ke Telegram.

Syniehubov mengatakan bahwa warga tentu membutuhkan bantuan. Sebagian besar desa tidak memiliki listrik atau gas. “Dalam waktu dekat, kami akan memulihkan mereka dan membawa bantuan kemanusiaan,” katanya,

Dia juga menambahkan perkataannya, Kepala desa yang tidak menjabat lagi telah ditahan oleh pihak yang berwenang dari Ukraina. Karena telah diduga bekerja sama dengan pasukan pendudukan Rusia, dan memperingatkan kepada masyarakat atau kolaborator lainnya bahwa tidak ada penghianat yang akan lolos dari tanggung jawab.

Berita Lainnya
×
tekid