Rusia tuding Barat ingin gagalkan Piala Dunia di Rusia

Rusia menilai Inggris dan AS berusaha mencari upaya menggagalkan Piala Dunia Moskow pada musim panas nanti.

Ilustrasi/shutterstock

Ketegangan negara-negara Barat yang dipimpin Inggris dan Amerika Serikat (AS), dinilai memiliki skenario di balik konflik pengusiran diplomat yang memanas baru-baru.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova menuding Inggris dan AS berusaha mencari upaya menggagalkan Piala Dunia Moskow pada musim panas nanti. "Tujuan utama mereka adalah agar Piala Dunia tidak jadi digelar di Rusia," ungkapnya dalam wawancara panjang dengan stasiun televisi Rusia.

Inggris mencari segala upaya untuk menghukum Rusia setelah terjadi serangan gas syaraf terhadap mantan agen Rusia di London. Keluarga Kerajaan Inggris tidak akan menghadiri pertandingan Piala Dunia sebagai bentuk protes.

Bahkan Menteri Luar Negeri Inggris Boris Johnson menyamakan Piala Dunia di Rusia seperti Olimpiade Jerman pada masa Nazi pada 1936. Seorang anggota parlemen Inggris meminta agar Piala Dunia ditunda atau dipindahkan ke negara lain.

Namun, belum ada saran agar tim sepak bola nasional Inggris memboikot pesta sepak bola dunia yang akan dimulai pada Juni mendatang.