Salip Italia, fatalitas Covid-19 Inggris tertinggi di Eropa

Inggris memiliki lebih dari 194.000 kasus positif Covid-19, di mana 29.427 di antaranya meninggal.

Seorang pria berjalan melewati 'NHS Dedication Mural' di Elephant & Castle, London, Inggris, pada Selasa (5/5) di tengah pandemik Covid-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Hannah McKay

Pada Selasa (5/5), Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengumumkan bahwa 29.427 orang meninggal akibat Covid-19 di negara tersebut. Angka terbaru itu menjadikan fatalitas di Inggris yang tertinggi di Eropa, menyalip Italia, dan juga kedua tertinggi di dunia setelah Amerika Serikat.

Per Selasa, Italia mencatat 29.315 kematian sementara AS melaporkan 68.279.

Termasuk angka kematian nasional, Inggris melaporkan lebih dari 194.000 kasus positif Covid-19 dengan 926 pasien yang sembuh.

Italia dan Spanyol, yang sebelumnya dianggap paling terpukul Covid-19 di Eropa, dinilai secara signifikan berada di depan Inggris dalam keberhasilan mengekang penyebaran virus. Kedua negara tersebut kini secara bertahap mulai mengangkat sejumlah pembatasan sosial.

Pakar kesehatan dari University of Cambridge, David Spiegelhalter, mengatakan bahwa masih terlalu dini untuk membuat perbandingan fatalitas antarnegara dan menarik kesimpulan sendiri. Dia menekankan, populasi Inggris sekitar 10% lebih besar dari Italia.