Segera bertemu dengan Kim Jong-un, Trump pilih-pilih lokasi

Selain Zona Demiliterisasi (DMZ) dan Singapura, Trump juga mempertimbangkan lokasi lain untuk KTT AS-Korut. Mana saja?

Berbagai tempat dipertimbangkan menjadi pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-un, mulai dari Zona Demiliterisasi (DMZ) hingga negara yang dianggap netral yakni Singapura./Reuters

Spekulasi tempat konferensi tingkat tinggi (KTT) antara Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara (Korut) terus beredar. Berbagai tempat dipertimbangkan, mulai dari Zona Demiliterisasi (DMZ) di antara perbatasan Korut dan Korea Selatan, hingga negara yang dianggap netral yakni Singapura.

Presiden AS Donald Trump pekan lalu mengatakan ada dua atau tiga tempat sedang dipertimbangkan untuk pertemuan bersejarah tersebut, sekaligus akan menjadi tempat KTT pertama antara presiden AS dan pemimpin Korut.

Dalam konferensi pers bersama Presiden Nigeria Muhammadu Buhari, Trump mengungkapkan Singapura masih dipertimbangkan sebagai lokasi KTT. Tapi, DMZ juga memiliki pertimbangan yang kuat. “Ketika ada perayaan di lokasi KTT, bukan di negara pihak ketiga,” ujar Trump dilansir Channel News Asia.

Dia mengungkapkan semua orang menjadikan lokasi mereka menjadi tempat KTT. “Itu memiliki kesempatan menjadi peristiwa besar,” jelasnya. Lokasi lainnya yang dipertimbangkan adalah Mongolia dan Swiss.

Sebelumnya pada penutupan KTT ASEAN ke-32, Perdana Menteri (PM) Singapura mengatakan Singapura tidak memiliki undangan formal dan permintaan dari pihak lain. “Itu harus disepakati Korut dan AS. Saya ragu mereka telah menentukannya,” ujarnya.