Seorang tentara AS di Korsel terinfeksi coronavirus

Secara global, wabah coronavirus jenis baru telah menginfeksi lebih dari 80.000 orang.

Seorang perempuan memakai masker pelindung untuk mencegah penularan coronavirus jenias baru berjalan melewati petugas dari perusahaan layanan disinfektan di sebuah pasar tradisional di Seoul, Korea Selatan, Rabu (26/2). ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Hong-Ji

Pada Rabu (26/2), militer Amerika Serikat mengumumkan bahwa seorang prajuritnya yang ditempatkan di Korea Selatan positif coronavirus jenis baru. Tentara yang bermarkas di Camp Carroll, sekitar 20 kilometer dari Kota Daegu, adalah anggota militer AS pertama yang dinyatakan terjangkit coronavirus di negara itu.

"Pasien, seorang pria berusia 23 tahun, saat ini dikarantina di kediamannya yang terletak di luar pangkalan militer," jelas pernyataan militer AS.

Dia disebut telah mengunjungi pangkalan militer lainnya, Camp Walker, pada 24 Februari dan Camp Carroll pada 21-25 Februari. Kementerian Kesehatan Korea Selatan secara aktif melakukan pelacakan kontak untuk mencari tahu apakah ada orang lain yang telah terpapar olehnya.

Penyebaran coronavirus telah memaksa Seoul dan Washington menangguhkan latihan militer gabungan mereka.

Sebelumnya, 20 anggota militer Korea Selatan telah dipastikan terinfeksi coronavirus jenis baru. Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengarantina para tentara di pangkalan mereka masing-masing karena khawatir akan potensi penyebaran virus tersebut.