Setelah 15 tahun, Thaksin Shinawatra pulang ke rumahnya

Mantan raja telekomunikasi ini tetap menjadi salah satu figur publik yang paling menimbulkan perpecahan di Thailand.

Mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra duduk di samping putrinya ketika meninggalkan Rumah Sakit Umum Kepolisian di Bangkok. Foto REUTERS-Athit Perawongmetha


Setelah lebih dari 15 tahun mengasingkan diri, mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra yang dihukum kembali ke kediamannya di Charan Sanitwong 69 Road di distrik Bang Phlat, Bangkok. Thaksin meninggalkan Police General Hospital saat ia dibebaskan bersyarat pada hari Minggu (18/2).

Thaksin, 74 tahun, keluar dari rumah sakit pada Minggu dini hari. Dia telah dirawat di sana selama enam bulan, diduga karena penyakit serius dan mengancam nyawa, setelah dia kembali ke negara itu pada pagi hari tanggal 22 Agustus 2023.

Menurut otoritas kehakiman, ia memenuhi kriteria pembebasan bersyarat karena ia berusia di atas 70 tahun, sakit parah dan dianggap telah menjalani setidaknya enam bulan masa hukuman penjara meskipun ia dirawat di Police General Hospital.

Dilansir Bangkok Post, Thaksin – yang mengenakan kemeja lengan panjang, penyangga leher dan lengan, celana pendek, dan masker – meninggalkan rumah sakit bersama anak-anaknya dengan mobil van pada pukul 6.09 pagi Minggu waktu setempat. Ratusan wartawan melihat sebuah van tiba di kediamannya di Chan Song La pada pukul 6.33 pagi.

Setelah kembali ke negara itu pada 22 Agustus 2023, Thaksin dibawa ke Mahkamah Agung, yang menjatuhkan hukuman delapan tahun penjara dalam tiga kasus.