Sindir Fauci, Trump sebut warga AS muak dengan Covid-19

Sedikitnya 215.000 warga "Negeri Paman Sam" meninggal karena terinfeksi Covid-19.

Presiden AS, Donald Trump, dalam pengarahan media di Gedung Putih Washington, AS, Selasa (19/5/2020). Foto Antara/REUTERS/Leah Millis

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengklaim, warganya sudah lelah mendengar pandemi coronavirus baru (Covid-19) yang telah menewaskan lebih dari 215.000 orang di "Negeri Paman Sam".

Dalam kesempatan sama, dirinya juga menyindir pakar kesehatan top AS, Anthony Fauci, dengan menyebutnya sebagai sebuah "bencana".

Dengan menyebut Fauci dan pejabat kesehatan lainnya sebagai idiot, Trump sesumbar, AS siap keluar dari krisis kesehatan global tersebut.

Pernyataan Trump berlawanan dengan kenyataan di lapangan, di mana kasus-kasus infeksi Covid-19 melonjak di hampir seluruh negara bagian. Para pakar medis nasional pun telah memperingatkan, yang terburuk belum terlewati.

"Orang-orang sudah muak dengan Covid-19," sebutnya dalam laporan CNN, Senin (19/10). "Orang-orang berkata, 'Terserah, tinggalkan kami sendiri'. Mereka bosan. Orang-orang lelah mendengar Fauci dan semua idiot itu."