Soal Covid-19, Trump: AS-China bekerja sama erat

Presiden Xi berharap agar AS akan melindungi kesehatan dan kehidupan pelajar China yang sedang menempuh pendidikan di Negeri Paman Sam.

Presiden AS Donald Trump dalam pengarahan di Gedung Putih, Washington, Sabtu (14/3). ANTARA FOTO/REUTERS/Yuri Gripas

Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Kamis (26/3) mentwit bahwa dia telah berbicara dengan Presiden China Xi Jinping dan membahas mengenai pandemik coronavirus jenis baru.

"China telah melalui banyak hal dan mengembangkan pemahaman yang kuat tentang virus tersebut. Kami sedang bekerja sama dengan erat," twit Trump.

Just finished a very good conversation with President Xi of China. Discussed in great detail the CoronaVirus that is ravaging large parts of our Planet. China has been through much & has developed a strong understanding of the Virus. We are working closely together. Much respect! — Donald J. Trump (@realDonaldTrump) March 27, 2020

Dalam KTT virtual G20 pada hari yang sama, Xi menyerukan kerja sama internasional untuk mengatasi Covid-19. Coronavirus jenis baru pertama kali terdeteksi di Wuhan, China, pada Desember 2019.

Menurut media Tiongkok, dalam percakapan telepon dengan Trump, Xi mengatakan bahwa hubungan AS-China berada di titik penting. Dia berharap Washington akan mengambil langkah substansial demi meningkatkan kualitas hubungan bilateral.