Solomon lebih pilih China, Wapres AS batalkan pertemuan

Kepulauan Solomon adalah negara keenam yang beralih kesetiaan ke China sejak 2016.

Wapres AS Mike Pence. Instagram/@vp

Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence membatalkan rencana pertemuannya dengan pemimpin Kepulauan Solomon untuk membahas kemitraan pembangunan setelah negara kepulauan itu memutus hubungan dengan Taiwan dan beralih ke China. Kabar ini disampaikan seorang pejabat senior AS pada Selasa (18/9).

Kepulauan Solomon adalah negara keenam yang beralih kesetiaan ke China sejak 2016. Taiwan menuding Tiongkok berusaha ikut campur dalam pemilu mendatang.

Menurut pejabat AS tersebut, pada Juli, PM Solomon Manasseh Sogavare telah meminta untuk bertemu Pence. Pertemuan rencananya akan berlangsung bulan ini di sela-sela Sidang Umum PBB di New York atau sesudahnya di Washington.

"Tetapi keputusan Kepulauan Solomon untuk mengubah pengakuan diplomatiknya dari Taiwan ke Tiongkok memiliki konsekuensi. Mereka melukai sebuah hubungan yang kuat secara historis dengan melakukan hal tersebut," ujar pejabat AS tersebut.

"Ini merupakan kemunduran, dan memprioritaskan keuntungan jangka pendek dengan China atas komitmen jangka panjang dengan AS."