Sudah 20 ribu yang tewas di Gaza, setengah juta warga hadapi kelaparan

Sementara, lebih dari setengah juta orang di Gaza – seperempat dari jumlah penduduk Gaza – kelaparan.

Pemandangan Gaza. Foto: NPR

Serangan udara dan darat Israel yang menghancurkan di Gaza kini telah menewaskan lebih dari 20.000 orang dalam 10 minggu sejak konflik dimulai, menurut Kementerian Kesehatan Gaza. Angka kematian ini mendekati 1% dari populasi wilayah Palestina sebelum perang.

Kementerian tersebut, di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas, mengatakan pada hari Jumat bahwa setidaknya 20.057 orang telah tewas akibat serangan Israel sejak 7 Oktober. 

Meskipun Kementerian Kesehatan tidak membedakan antara kematian warga sipil dan kombatan, namun Kementerian Kesehatan mengatakan 70% korban tewas adalah perempuan dan anak-anak. Sebanyak 50.000 orang lainnya di Gaza terluka, kata kementerian yang dikuasai Hamas. Kelompok bantuan internasional umumnya setuju dengan penghitungan tersebut, lapor npr.org.

Jumlah korban tewas mencapai 20.000 jiwa di wilayah kantong tersebut. Populasi Gaza diperkirakan sekitar 2,1 juta jiwa, yang berarti sekitar 1 dari setiap 105 orang telah terbunuh sejak perang dimulai.

Ketika jumlah korban tewas terus meningkat, Israel menghadapi tekanan internasional yang semakin besar untuk mengakhiri pemboman di Gaza. Bahkan pemerintahan Biden, yang dengan tegas mendukung tujuan Israel untuk menghancurkan Hamas, telah berulang kali memperingatkan pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk meminimalkan korban sipil