Taipan China Kanada Xiao Jianhua dihukum 13 tahun penjara

Xiao menjadi berita utama pada Januari 2017 ketika dia tiba-tiba menghilang dari sebuah apartemen di Hotel Four Seasons Hong Kong.

Xiao Jianhua. Foto: theepochtimes.com

Pengadilan Shanghai menghukum miliarder China Kanada Xiao Jianhua,  hingga 13 tahun penjara dan denda 55,03 miliar yuan (US$8,1 miliar). Xiao sendiri tidak terlihat di depan umum sejak 2017 dan diketahui memiliki hubungan keuangan dengan beberapa elite Partai Komunis China (PKC).

Pengadilan Menengah Pertama Shanghai mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan di media sosial bahwa Xiao dan konglomerat Tomorrow Holdings-nya dihukum karena secara ilegal menyerap simpanan publik, mengkhianati penggunaan properti yang dipercayakan, dan penggunaan dana dan penyuapan secara ilegal.

"Tindakan kriminal Tomorrow Holdings dan Xiao Jianhua sangat merusak tatanan manajemen keuangan, sangat membahayakan keamanan keuangan negara, dan secara serius melanggar integritas staf negara," kata pengadilan. Keputusan ini diterbitkan Jumat 19 Agustus.

Pengadilan menambahkan hukuman mereka dikurangi karena mereka telah “menyerahkan diri, mengakui kejahatan mereka, dan bekerja sama dalam memulihkan keuntungan ilegal dan memulihkan kerugian,” menurut dokumen itu.

Xiao Jianhua
Xiao menjadi berita utama pada Januari 2017 ketika dia tiba-tiba menghilang dari sebuah apartemen di Hotel Four Seasons Hong Kong, tempat dia tinggal saat itu.