Taiwan tunjuk PM baru pasca-pemilu

Sosok yang dipilih Presiden Tsai Ing-wen untuk jadi PM baru Taiwan adalah Su Tseng-chang.

Eks PM Taiwan William Lai, Presiden Tsai Ing-wen, dan Su Tseng-chang dalam konferensi pers pengumuman penunjukan PM baru. REUTERS/Fabian Hamacher

Taiwan pada Jumat (11/1) menunjuk mantan ketua Partai Progresif Demokratik (DPP) sebagai perdana menteri, setelah petahana mengundurkan diri bersama dengan seluruh kabinet sebagai respons atas kekalahannya dalam pemilu lokal.

Kekalahan DPP dalam pemilu lokal pada November lalu menghadirkan tantangan besar bagi Presiden Tsai Ing-wen, yang menghadapi kecaman yang meningkat di dalam negeri atas agenda reformasinya. Pada saat yang sama, pemerintahan Tsai menghadapi ancaman baru dari China yang menegaskan tidak segan menggunakan kekuatan bersenjata untuk mewujudkan reunifikasi.

Tsai menunjuk Su Tseng-chang, mantan ketua DPP selama dua periode, seraya mengatakan bahwa Taiwan menghadapi tantangan di tengah meningkatnya ancaman China dan ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

"Demokrasi dan pembangunan Taiwan harus menghadapi tantangan tertentu," ungkap Tsai, sambil menambahkan bahwa China ingin memaksakan struktur 'satu negara, dua sistem' di Taiwan.

Su bersumpah akan memimpin pemerintahan di tengah tantangan dan belajar dari kesalahan sebelumnya.