Taliban ambil alih dengan cepat, Donald Trump desak Biden untuk mundur

Donald Trump gusar melihat pola penarikan pasukan AS dari Afghanistan. Pemerintah Joe Biden dianggap meremehkan Taliban.

Donald Trump. foto CFP

Mantan Presiden AS Donald Trump menyerukan penggantinya Joe Biden untuk mengundurkan diri. Pengambilalihan cepat Afghanistan oleh Taliban menjadi alasannya.

Pasukan AS menarik diri dari negara itu setelah hampir 20 tahun kehadiran militer.Ini membuat Taliban berkembang dengan cepat menguasai wilayah-wilayah di Afghanistan, hingga Ibukotanya, Kabul.

"Sudah waktunya bagi Joe Biden untuk mengundurkan diri dalam aib atas apa yang dia biarkan terjadi di Afghanistan," kata Trump dalam sebuah pernyataan. Trump juga mengecam Biden atas lonjakan kasus COVID-19 di Amerika Serikat.

Taliban telah merebut kembali Afghanistan dalam gelombang kilat, setelah 20 tahun mereka digulingkan oleh invasi AS. Mereka menguasai Kabul pada hari Minggu, lebih dari dua minggu sebelum batas waktu 31 Agustus yang ditetapkan oleh Biden untuk menyelesaikan penarikan pasukan Amerika dari negara itu.

Di bawah Trump, AS menengahi kesepakatan dengan Taliban di Doha pada tahun 2020 yang akan membuat pasukan AS ditarik pada Mei 2021 dengan imbalan berbagai jaminan keamanan dari Taliban.