Tampil lebih kurus, kesehatan Kim Jong-un dipertanyakan

Kim Jong-un, seorang perokok berat, telah berjuang dengan kondisi kesehatan yang dikaitkan dengan berat badan dan gaya hidupnya.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada Sidang Pleno ke-5 Komite Pusat ke-7 Partai Buruh Korea WPK, foto dirilis Kantor Berita Pusat Korea Utara, KCNA Minggu (29/12/2019)/ANTARA FOTO KCNA via REUTERS.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah memicu spekulasi tentang kesehatannya setelah foto-foto terbaru menunjukkan dia telah kehilangan berat badan.

Kim Jong-un tampak lebih ramping dalam foto-foto yang dirilis oleh media pemerintah pada pekan lalu.

NK News, yang menganalisis foto-foto Kim Jong-un berpidato di pertemuan politbiro partai yang berkuasa akhir pekan lalu, pada Rabu (9/6) mengatakan dia tampaknya telah kehilangan berat badan secara signifikan.

Situs web yang berbasis di Seoul tersebut menerbitkan gambar yang diperbesar yang menunjukkan bahwa Kim Jong-un, yang diyakini kini berusia 37 tahun, telah mengencangkan tali jam tangan favoritnya, yang dilaporkan bernilai US$12.000.

Foto-foto tersebut menunjukkan bahwa pergelangan tangan kirinya jauh lebih kurus daripada gambar serupa yang diambil pada November 2020 dan Maret tahun ini.