Temui Trump, Mahendra Siregar resmi bertugas sebagai Dubes RI untuk AS

Mahendra merupakan diplomat karier senior yang dilantik oleh Presiden Jokowi pada 7 Januari 2019 dan merupakan dubes ke-19 RI untuk AS.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump (tengah) bersama Duta Besar RI untuk AS Mahendra Siregar dan istri, Ita Siregar (kiri) dalam penyerahan surat kepercayaan, Gedung Putih, Washington, Senin (8/4). / Kementerian Luar Negeri RI

Pada Senin (8/4), di Gedung Putih, Washington, Donald Trump menerima surat kepercayaan (letter of credential) yang diserahkan oleh Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Mahendra Siregar.

Menurut keterangan yang diterima Alinea.id pada Rabu (10/4), pertemuan tersebut sekaligus menandai secara resmi dimulainya masa tugas Dubes Mahendra di AS. 

Dalam sambutannya, Dubes Mahendra menyampaikan salam hangat dari Presiden RI Joko Widodo kepada Trump dan rakyat AS. 

Salam hangat tersebut disambut baik oleh Presiden Trump, yang mengatakan bahwa Indonesia merupakan mitra strategis yang penting bagi AS. 

Dubes RI juga menggarisbawahi berbagai kesamaan yang dimiliki oleh Indonesia dan AS, yakni sama-sama merupakan negara demokratis dan majemuk yang menjunjung tinggi prinsip-prinsip dan penghormatan terhadap hak asasi manusia, toleransi, serta supremasi hukum.