Tentara AS tiba di Polandia di tengah konflik Rusia-Ukraina

Langkah ini dilakukan menyusul adanya perintah Presiden Joe Biden soal pengerahan 1.700 prajurit.

Ilustrasi tentara AS tiba di Polandia di tengah konflik Rusia-Ukraina. Pexels

Sejumlah pasukan tempur Amerika Serikat (AS) mendarat di tenggara Polandia, dekat perbatasan Ukraina. Langkah ini dilakukan menyusul adanya perintah Presiden Joe Biden agar "Negeri Paman Sam" mengerahkan 1.700 tentara di sana di tengah kekhawatiran invasi Rusia ke Ukraina.

Mengutip Associated Press pada Senin (7/2) ratusan tentara infanteri lainnya dari Divisi Lintas Udara ke-82 diperkirakan masih akan tiba di bandara Rzeszow-Jasionka, 90 kilometer dari perbatasan Polandia dengan Ukraina. Sebuah pesawat Boeing C-17 Globemaster Angkatan Udara AS (USAF) membawa beberapa lusin tentara dan kendaraan dan dikomandoi Mayor Jenderal Christopher Donahue, yang pernah bertugas di Afghanistan.

"Kontribusi nasional kami di Polandia menunjukkan solidaritas dengan semua sekutu di Eropa," kata Donahue di bandara. "Selama periode ketidakpastian ini, kami tahu, bahwa kami lebih kuat bersama."

Langkah tersebut dipuji Menteri Pertahanan Polandia, Mariusz Blaszczak. Menurutnya, pencegahan dan solidaritas adalah respons terbaik terhadap kebijakan agresif Moskow terhadap upaya agresif dalam merekonstruksi kekaisaran Rusia.

Rusia telah mengumpulkan sekitar 100.000 tentara di perbatasan Ukraina. Kebijakan tersebut diklaim untuk latihan militer bersama di Belarus dan tidak berniat menyerang Ukraina.