Terkait evakuasi WNI, Indonesia tunggu keputusan China

Indonesia akan mengikuti keputusan China terkait tindakan evakuasi.

Plt. jubir Kemlu RI Teuku Faizasyah dan Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu RI Judha Nugraha dalam konferensi pers di Kemlu RI, Jakarta, Senin (27/1). Alinea.id/Valerie Dante

Plt. juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah menerangkan bahwa pada Minggu (26/1), Kemlu RI melakukan rapat via video conference dengan Kementerian Kesehatan RI, KBRI Beijing, KJRI Shanghai, KRJI Guangzhou, KRJI Hong Kong, dan KDEI Taipei.

Faizasyah menyebut bahwa mereka membahas rencana kontingensi dan langkah-langkah koordinasi dengan pemerintah China mengenai opsi-opsi yang dapat diambil, termasuk evakuasi WNI yang berada di Tiongkok demi menghindari ancaman wabah coronavirus jenis baru.

"Pemerintah Indonesia sudah berbicara dengan pihak China. Komunikasi terus berlanjut dan kami akan mengikuti keputusan pihak Tiongkok terkait tindakan evakuasi," tutur Faizasyah dalam konferensi pers di Kemlu RI, Jakarta, pada Senin (27/1).

Lima belas kota di Provinsi Hubei, China, telah dikarantina terkait dengan wabah coronavirus. Jumlah WNI yang tinggal di daerah karantina tersebut 243 orang.

Mayoritas merupakan mahasiswa yang tersebar di Wuhan, Xianning, Huangshi, Jingzhou, Xianyang, Enshi, dan Shiyan.