Terlihat perpecahan komando militer Rusia di tengah pertempuran Ukraina

Pertempuran di Soledar dan kota terdekat Bakhmut telah menyoroti hubungan antara Kementerian Pertahanan Rusia dan Grup Wagner.

Asap mengepul selama pertempuran antara pasukan Ukraina dan Rusia di Soledar, wilayah Donetsk, Ukraina, Rabu, 11 Januari 2023.Foto AP/Libkos/dokumentasi

Saat pasukan Rusia mengobarkan pertarungan sengit dari rumah ke rumah untuk menguasai benteng di Ukraina timur, pertempuran paralel sedang berlangsung di eselon atas kekuatan militer di Moskow, yang ditandai dengan langkah Presiden Vladimir Putin merombak jenderal topnya.

Pertempuran di kota tambang garam Soledar dan kota terdekat Bakhmut telah menyoroti hubungan antara kepemimpinan Kementerian Pertahanan Rusia dan Yevgeny Prigozhin, seorang jutawan yang pasukan militer swastanya dikenal sebagai Grup Wagner, telah memainkan peran yang semakin terlihat di Ukraina.

Perombakan militer oleh Putin minggu ini dipandang sebagai upaya untuk menunjukkan, Kementerian Pertahanan masih memiliki dukungannya dan bertanggung jawab saat konflik mendekati tanda 11 bulan.

Prigozhin pada Rabu juga telah menyatakan bahwa pasukan tentara bayarannya telah menguasai Soledar, tetapi Ukraina belum mengonfirmasikan jatuhnya Soledar.

Prigozhin yang berusia 61 tahun, yang dikenal sebagai "koki Putin" karena kontrak yang menguntungkan dan didakwa di AS karena ikut campur dalam Pemilihan Presiden 2016, telah memperluas asetnya untuk memasukkan Wagner, pertambangan dan bidang lainnya.