Israel evakuasi ratusan relawan White Helmets ke Yordania

Relawan White Helmet dan anggota keluarga mereka terdesak di perbatasan Suriah dan Dataran Tinggi Golan sejak Juni lalu.

Militer Israel yang berkoordinasi dengan Amerika Serikat (AS) dan Eropa mengevakuasi ratusan relawan White Helmets dari dekat perbatasan mereka yang bergejolak dengan Suriah.

Para pengungsi 'terkurung' akibat kemajuan pasukan Suriah dan militan yang berafiliasi dengan ISIS diangkut ke Yordania. Mereka dikabarkan akan dimukimkan kembali di Eropa dan Kanada dalam beberapa pekan mendatang.

Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi pada hari Minggu (22/7) mengatakan bahwa terdapat 422 orang yang dievakuasi. Demikian dikutip dari South China Morning Post, Senin (23/7), yang melansir Associated Press.

Sementara itu, militer Israel menyatakan bahwa operasi yang berlangsung dalam waktu satu malam tersebut adalah "gerakan kemanusiaan yang luar biasa" atas permintaan AS dan Eropa karena "ancaman langsung terhadap kehidupan (warga Suriah)."

Adapun Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, dalam pernyataannya secara terpisah menyebutkan bahwa Presiden Donald Trump, Perdana Menteri Justin Trudeau, dan sejumlah pihak lain memintanya untuk membantu proses evakuasi para relawan kemanusiaan tersebut.