PTI amankan mayoritas kursi dalam pemilu Pakistan

PTI berhasil mengamankan mayoritas kursi hingga menghilangkan kekhawatiran akan lemahnya pemerintahan Pakistan yang baru.

Ilustrasi pemilu Pakistan / Shutterstock

Partai berhaluan kanan, Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI), yang dipimpin oleh mantan bintang kriket Imran Khan selangkah lagi memenangkan pemilu. PTI dilaporkan berhasil mengamankan kursi mayoritas melebihi yang diharapkan hingga menghilangkan kekhawatiran akan lemahnya pemerintahan baru.

Dikutip dari CNN, Kamis (26/7), menurut seorang pejabat di komisi pemilu Pakistan, PTI telah mengamankan lebih dari 113 dari 272 kursi di Majelis Nasional. Reaksi investor terhadap prospek mayoritas pemerintah membuat harga saham naik 1,9%.
 
Di lain sisi, rival PTI mengeluhkan kecurangan dalam pemilu.

Juru bicara khan, Naeem ul Haq mengatakan, calon PM Pakistan itu akan segera memberikan pidatonya, "sebagai bentuk perayaan dan pengakuan masifnya dukungan yang diterimanya dari rakyat."

Kemenangan Khan, yang telah menampilkan dirinya sebagai kandidat pengusung "perubahan" yang bertekad membangun "Pakistan baru," akan menjadi sejarah. Karena menandai jeda dari kedua partai yang telah mendominasi politik nasional selama beberapa dekade.

Shahbaz Sharif, pemimpin Liga Muslim Pakistan-N (PML-N) dan saudara laki-laki mantan perdana menteri Nawaz Sharif, mengatakan di Twitter ada "kecurangan besar-besaran" untuk membantu kemenangan Khan.