Topan Fani tewaskan 2 orang di India

Topan tropis Fani tidak hanya menewaskan dua orang, namun juga memaksa satu juta warga lainnya mengungsi.

Penumpang terlantar beristirahat di stasiun kereta setelah perjalanan antara Kolkata dan Odisha dibatalkan akibat Topan Fani, di Kolkata, India, Jumat (3/5). ANTARA FOTO/REUTERS/Rupak De Chowdhuri

Topan dahsyat telah menerjang daerah pantai bagian timur India dan membawa hujan deras dan angin kencang hingga 200 kilometer per jam. Topan tropis Fani menewaskan sedikitnya dua orang dan memaksa satu juta warga lainnya mengungsi dan mencari tempat berlindung yang aman.

"Untuk saat ini saya bisa memastikan kematian dua orang. Seorang pria tua di tempat pengungsian meninggal akibat serangan jantung. Sedangkan satu orang lagi ke luar rumah saat topan menerjang meski sudah diberikan peringatan, akibatnya dia tewas tertimpa pohon," tutur Komisaris Unit Bantuan Khusus Odisha Bishnupada Sethi pada Jumat (3/5).

Departemen Meteorologi India (IMD) menyatakan bahwa awalnya Topan Fani hanya bergerak di bagian utara Teluk Benggala, kemudian bergerak dan menghantam Odisha sekitar pukul 08.00 waktu setempat pada Jumat.

Menteri Negara Bagian Odisha Naveen Patnaik mengungkapkan, selama 24 jam terakhir, sudah lebih dari satu juta warga Odisha diungsikan agar tidak terkena topan Fani.

More than 1 million people have been evacuated from the vulnerable districts in last 24hrs. Ganjam & Puri evacuated more than 3 lakh & 1.3 lakh people respectively to safe shelters. About 5000 kitchens started operating to serve people in the shelters. #OdishaPrepared4Fani