Transportasi Hong Kong kacau, kerusuhan belum berhenti

Hong Kong telah mengalami peningkatan kekerasan dalam tiga hari terakhir.

Polisi antihuru-hara menahan seorang pengunjuk rasa di Chinese University of Hong Kong, Hong Kong, China, Selasa (12/11). ANTARA FOTO/REUTERS/Tyrone Siu

Kekacauan masih terjadi di Hong Kong pada Rabu (13/11), ketika para pemrotes antipemerintah melanjutkan taktik baru mereka, yaitu menimbulkan gangguan sebanyak mungkin pada jaringan transportasi di tengah hari kerja.

Sejumlah layanan bus dibatalkan, sementara kereta di tiga jalur utama ditangguhkan setelah pengunjuk rasa merusak stasiun dan melemparkan berbagai benda ke rel. Penundaan yang lama memicu kepadatan dan pemandangan semrawut di stasiun yang tetap beroperasi, mengharuskan polisi siaga menjaga ketertiban.

Lalu lintas di banyak jalan utama terhenti ketika para pemrotes melemparkan barikade dan rintangan lain sejak dini hari.

Konfrontasi dilaporkan terjadi di Yuen Long, setelah sekelompok pengunjuk rasa membuat barikade dan memblokir jalan. 

Pihak berwenang menuai kecaman karena membahayakan keselamatan anak-anak dengan membiarkan sekolah tetap buka di tengah banyaknya gangguan. Di lain sisi, tidak sedikit sekolah yang bersikeras menangguhkan kelas.