Trump ancam setop dana untuk WHO secara permanen

Jumlah kasus infeksi dan fatalitas akibat Covid-19 di AS adalah yang tertinggi di seluruh dunia.

Presiden AS Donald Trump berbicara dalam pertemuan tentang pandemik Covid-19 di Gedung Putih, Senin (18/5). ANTARA FOTO/REUTERS/Leah Millis

Pada Senin (18/5), Presiden Donald Trump mengancam akan secara permanen menghentikan pendanaan Amerika Serikat bagi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pernyataan tersebut dia sampaikan melalui surat yang dirilis di Twitter.

This is the letter sent to Dr. Tedros of the World Health Organization. It is self-explanatory! pic.twitter.com/pF2kzPUpDv — Donald J. Trump (@realDonaldTrump) May 19, 2020

Trump mengatakan, jika WHO tidak berkomitmen untuk melakukan perbaikan secara substantif dalam 30 hari ke depan, dia akan secara permanen menghentikan pendanaan bagi WHO dan mempertimbangkan kembali keanggotaan AS.

Bulan lalu, Trump menangguhkan pendanaan bagi WHO sebagai bentuk protes AS terkait upaya organisasi tersebut merespons Covid-19. Dia memaparkan bahwa setiap tahunnya, AS menyalurkan US$400 juta hingga US$500 juta untuk mendukung program-program WHO.

Pada saat itu, WHO merespons Trump dengan menyatakan, "Saat ini kita semua masih melewati pandemik, bukan waktunya untuk menangguhkan pendanaan."