Trump bersedia bantu redakan ketegangan Jepang-Korea Selatan

Jepang dan Korea Selatan sama-sama merupakan sekutu utama Amerika Serikat di Asia.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Rabu (17/7). ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque

Donald Trump pada Jumat menawarkan diri untuk membantu meredakan ketegangan antara Jepang dan Korea Selatan, dua sekutu utama Amerika Serikat di Asia. Perselisihan Tokyo-Seoul mengancam pasokan chip memori dan smartphone global. 

Ketegangan yang berkepanjangan, terutama menyangkut persoalan kompensasi bagi warga Korea Selatan yang menjadi korban kerja paksa selama penjajahan Jepang, memburuk dalam bulan ini ketika Jepang membatasi ekspor bahan-bahan berteknologi tinggi ke Korea Selatan.

AS sendiri digambarkan ragu-ragu untuk secara terbuka terlibat dalam perselisihan tersebut. Namun, Trump mengatakan bahwa Presiden Moon Jae-in telah bertanya padanya apakah dia bisa ikut campur.

"Dia mengatakan pada saya bahwa mereka memiliki banyak gesekan, terutama terkait perdagangan. Jepang memiliki beberapa hal yang diinginkan Korea Selatan, dan dia meminta saya terlibat," tutur Trump di Gedung Putih. 

"Jadi, mungkin jika mereka berdua menginginkan saya terlibat, saya bersedia ... Saya menyukai pemimpin kedua negara itu."