Trump cekcok dengan Macron soal masa depan NATO

Pada Rabu (4/12), NATO merayakan hari jadinya ke-70 tahun.

Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Donald Trump saat bertemu di London, Selasa (3/12). Ludovic Marin/Pool via REUTERS

Pada Selasa (3/12), Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Prancis Emmanuel Macron berselisih soal masa depan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Perselisihan tejadi dalam pertemuan bilateral di London, sehari sebelum KTT yang akan digelar untuk memperingati 70 tahun terbentuknya aliansi militer tersebut.

Trump menuntut agar Eropa menyumbang lebih banyak uang untuk dana pertahanan kolektif NATO. Selain itu, dia juga meminta sekutu NATO dari Benua Biru membuat konsesi terkait kepentingan perdagangan AS.

Menanggapi pernyataan Trump, Macron kembali mengulangi komentar yang dia lontarkan pada November, menggambarkan NATO menderita mati otak akibat tidak memiliki tujuan strategis. Dia juga mengkritik Turki, sesama anggota aliansi tersebut, karena bekerja sama dengan proksi ISIS.

Washington dan Paris telah lama memperdebatkan tujuan NATO, tetapi ketegangan baru ini menambah keraguan tentang masa depan aliansi itu.

Trump menilai, kritik Macron terhadap NATO sangat jahat. Dia mempertanyakan apakah militer AS harus bekerja bersama Prancis, yang dia sebut sebagai negara yang tidak mematuhi target pengeluaran militer nasional yang sudah disepakati seluruh negara anggota aliansi.