Trump desak Jepang seimbangkan hubungan perdagangan

Trump secara tersirat menyebutkan bahwa perlindungan AS terhadap Jepang harus diimbangi dengan hubungan dagang yang menguntungkan.

(kiri ke kanan) Ibu Negara Amerika Serikat Melania Trump, Permaisuri Masako, Presiden AS Donald Trump, dan Kaisar Naruhito di Istana Kekaisaran, Tokyo, Jepang, Senin (27/5). Twitter/@USEmbassyTokyo

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendesak Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada Senin (27/5) untuk menyeimbangkan hubungan perdagangan antara kedua negara.

Trump sedang menjalani kunjungan kenegaraan ke Jepang. Kunjungan itu dimaksudkan untuk memperkuat aliansi Washington-Tokyo. Namun, lawatannya dibayangi oleh ketegangan perdagangan.

Orang nomor satu di AS itu mengaitkan hubungan perdagangan AS-Jepang dengan kondisi keamanan.

"Ketika saya berbicara tentang ancaman keamanan, saya berbicara mengenai perdagangan. Untuk mengucurkan US$716 miliar per tahun bagi pengeluaran militer, Anda harus memiliki banyak uang masuk," kata Trump.

Pada Minggu (26/5), Trump mentwit bahwa langkah besar terkait kesepakatan perdagangan antara kedua negara baru akan dimulai usai Pemilu Parlemen Jepang pada Juli nanti.