Trump kekeh soal dinding perbatasan, tawarkan opsi baja sebagai kompromi

Demokrat menolak meloloskan dana US$5,6 miliar yang diinginkan Trump untuk membangun dinding perbatasan. Itu memicu penutupan pemerintahan.

Wilayah perbatasan antara San Diego County, AS, dan Tijuana, Meksiko. REUTERS/Mohammed Salem

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menolak menyerah atas tuntutannya untuk membangun dinding perbatasan dengan Meksiko, isu yang telah memicu penutupan pemerintahan atau government shutdown.

Sebagai potensi kompromi dengan Demokrat yang menolak mendanai pembangunan dinding perbatasan tersebut, Trump pada Minggu (7/1) mengatakan bahwa penghalang itu bisa dibikin dari baja bukan beton.

Pernyataan Trump tersebut keluar pada awal pekan ketiga government shutdown yang telah menyebabkan ratusan ribu pekerja federal menganggur atau tanpa gaji.

Trump mengancam akan menyatakan darurat nasional sebagai cara alternatif untuk membangun dinding perbatasan. Ini tergantung pada hasil pembicaraan dalam beberapa hari mendatang.

Demokrat telah menolak meloloskan dana US$5,6 miliar yang diinginkan Trump untuk membangun dinding perbatasan, janji kampanyenya untuk mengatasi imigrasi ilegal.