Dunia

Ukraina konfirmasi telah mundur dari Dombas bagian Timur

Rusia sendiri telah mengklaim hampir dua minggu lalu bahwa pasukannya telah merebut Soledar, tetapi Ukraina membantahnya.

Kamis, 26 Januari 2023 14:32

Pasukan Ukraina telah mundur terorganisir dari sebuah kota di wilayah timur Donbas, yang merupakan kemenangan medan perang yang jarang ditemui, namun panting bagi Rusia, setelah serangkaian kemunduran dalam invasi yang dimulai hampir 11 bulan lalu.

Juru bicara pasukan Ukraina di timur Serhii Cherevatyi kepada kepada The Associated Press mengatakan, tentara Ukraina mundur dari kota tambang garam Soledar, untuk "menyelamatkan nyawa personel". Para prajurit mundur ke posisi pertahanan yang telah disiapkan sebelumnya.

Rusia sendiri telah mengklaim hampir dua minggu lalu bahwa pasukannya telah merebut Soledar, tetapi Ukraina membantahnya.

Moskow telah menggambarkan pertempuran untuk kota yang tidak jauh dari kota Bakhmut di provinsi Donetsk itu, sebagai kunci untuk merebut semua wilayah Donbas, Ukraina. Di mana, separatis yang didukung Rusia telah memerangi pasukan Ukraina selama hampir sembilan tahun dan menguasai beberapa wilayah sebelum invasi skala penuh Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin menjadikan keamanan etnis Rusia yang tinggal di Donetsk dan provinsi tetangga Luhansk, yang bersama-sama membentuk Donbas, sebagai pembenaran untuk invasi tersebut. Putin secara ilegal mencaplok provinsi Ukraina pada akhir September.

Hermansah Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait