Uni Eropa dan PBB kecam Israel atas serangan mematikan di Jenin

Wakil juru bicara PBB Farhan Haq mengatakan sekretaris jenderal menyampaikan pandangannya pada hari Kamis "dan dia mendukung pandangan itu."

Anggota delegasi utusan internasional mengunjungi kamp Jenin untuk pengungsi Palestina di Tepi Barat yang diduduki Israel pada 8 Juli 2023. Foto AFP

Seorang utusan Eropa mengecam Israel pada Sabtu (8/7) atas "proporsionalitas" kekuatan yang digunakannya. Kecaman itu ia ungkapkan saat berkunjung ke kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat yang diduduki setelah serangan mematikan pekan lalu.

Pernyataannya menggemakan Sekjen PBB Antonio Guterres yang pada hari Kamis mengatakan kepada wartawan "ada kekuatan berlebihan yang digunakan oleh pasukan Israel" dalam operasi 48 jamnya. Itu adalah operasi terbesar yang dilakukan Israel di wilayah Palestina selama bertahun-tahun.

Operasi itu termasuk serangan udara dan buldoser lapis baja yang mengobrak-abrik jalanan.

Jenin merupakan pusat bagi banyak kelompok bersenjata Palestina, dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyebut kamp pengungsi itu sebagai "sarang teroris."

Perwakilan Uni Eropa untuk wilayah Palestina Sven Kuehn von Burgsdorff membuat komentarnya saat dia memimpin delegasi pejabat dan diplomat PBB dari 25 negara ke kamp di Tepi Barat utara.