Uni Eropa perpanjang sanksi ekonomi terhadap Rusia

Uni Eropa pertama kali memberlakukan sanksi pada Juli 2014, setelah penerbangan Malaysia Airlines MH17 ditembak jatuh di wilayah Ukraina.

Ilustrasi / Pixabay

Para pemimpin Uni Eropa sepakat memperpanjang sanksi ekonomi terhadap Rusia hingga enam bulan ke depan atas konflik negara itu dengan Ukraina. Pengumuman yang disampaikan pada Kamis (13/12) ini muncul di tengah meningkatnya ketegangan Moskow-Kiev terkait bentrokan di Laut Azov.

Uni Eropa pertama kali memberlakukan sanksi pada Juli 2014, setelah penerbangan Malaysia Airlines MH17 ditembak jatuh di wilayah Ukraina. Pemberontak Ukraina pro-Rusia dinilai bertanggung jawab atas tragedi yang menghilangkan nyawa 298 orang tersebut.

Sanksi ini menargetkan seluruh sektor ekonomi Rusia, termasuk bisnis penting negara itu, minyak.

"Uni Eropa dengan suara bulat memperpanjang sanksi ekonomi terhadap Rusia yang tidak memberikan kemajuan dalam implementasi perjanjian Minsk," ungkap Presiden Dewan Uni Eropa Donald Tusk melalui Twitter saat pertemuan puncak di Brussels, Belgia.

Decision: EU unanimously prolongs economic sanctions against Russia given zero progress in implementation of Minsk agreements.