Uni Eropa setuju tunda Brexit hingga 31 Januari 2020

Perpanjangan itu disebut flextension, artinya Inggris dapat pergi sebelum tenggat yang disepakati jika proposal Brexit disetujui parlemen.

Ilustrasi / Pixabay

Uni Eropa sepakat untuk menunda Brexit hingga 31 Januari 2020, artinya Inggris tidak akan hengkang dari blok itu sesuai dengan tenggat yang ditetapkan sebelumnya yakni pada Kamis (31/10).

Presiden Dewan Eropa Donald Tusk mengatakan perpanjangan itu disebut sebagai "flextension", artinya Inggris dapat pergi sebelum batas waktu yang disepakati jika proposal Brexit disetujui oleh parlemen.

Pernyataan tersebut diumumkan setelah Tusk mengadakan pertemuan selama 30 menit dengan para Duta Besar Uni Eropa.

Inggris dijadwalkan meninggalkan Uni Eropa pada Kamis, tetapi Perdana Menteri Boris Johnson didesak untuk meminta perpanjangan tenggat kepada Uni Eropa setelah parlemen gagal menyetujui proposal Brexit miliknya.

PM Johnson telah berulang kali mengatakan Inggris akan keluar dari Uni Eropa pada batas waktu 31 Oktober, dengan atau tanpa kesepakatan (no-deal Brexit). Namun, UU yang disahkan parlemen juga mengharuskan dia untuk menerima tawaran perpanjangan waktu yang diberikan Uni Eropa.