Upaya hilangkan polusi di Ibu Kota Thailand belum berhasil

Ibu Kota Thailand telah diselimuti kabut asap beracun selama berminggu-minggu, sementara pihak berwenang berjuang untuk menemukan solusi.

Ibu kota Thailand, Bangkok. / Pixabay

Biasanya taman kecil di distrik Rama III, Bangkok, Thailand, dipenuhi dengan pelari yang mengelilingi jalur taman diiringi dengan kicauan burung.

Tetapi pada Kamis (31/1), taman kecil itu justru dipadati dengan konvoi truk pemadam kebakaran dan sejumlah drone militer. Pemandangan mencolok itu menarik perhatian masyarakat yang berlalu-lalang.

Setelah persiapan selama satu jam, drone dan meriam air menyemburkan air ke langit. Pengeras suara menggaungkan peringatan tentang operasi itu dan menginstruksikan agar para pelari menjaga jarak.

Percobaan itu adalah upaya terbaru pemerintah Thailand untuk menurunkan tingkat polusi yang mengkhawatirkan, yang telah menjangkit ibu kota selama berminggu-minggu.

Drone, yang dilengkapi dengan tangki air dan alat penyiram api, digunakan untuk memecah kabut asap yang telah membekap kota dengan 10 juta penduduk selama setidaknya satu bulan belakangan.